Sabtu, 16 Februari 2013

Manfaat Menziarahi Kuburan Orang Tua..

Kisah ini masih berhubungan dengan post sebelum nya, yaitu mengenai ziarah kubur. Simak cerita inspiratif berikut :



Bahiyah, seorang wanita ahli ibadah ketika berjuang menghadapi maut, ia tengadahkan wajah nya ke langit dan berdoa, “Duhai Allah yang menjadi satu-satunya harapan dan sandaran ku, dalam hidup dan matiku, tolong jangan hinakan aku saat mati dan jangan biarkan aku kesepian dalam kubur ku nanti.”



Setelah dia wafat, putra nya pada setiap malam Jum’at dan hari Jum’at menziarahi makam nya. Sang anak membacakan beberapa ayat atau surat dan berdoa memohonkan ampun untuk ibu nya dan semua orang yang dimakamkan di pemakaman tersebut. Kemudian sang anak bercerita :
“Suatu malam aku bermimpi bertemu dengan ibu ku. Setelah kuucapkan salam kepadanya, aku pun bertanya, ‘Duhai ibu, bagaimana keadaan mu ?’ “

“Duhai anak ku, sesungguhnya menghadapi maut adalah sangat tidak mudah. Akan tetapi alhamdulillah, di alam barzakh dibentangkan untukku permadani yang sangat harum aromanya hingga hari kiamat.”
“Ibu, apakah engkau menginginkan sesuatu dari ku ?”

“Ya. Duhai anakku aku senang dengan kunjungan-kunjungan mu pada malam Jum’at dan hari Jum’at. Begitu pula mereka yang dimakamkan di sekitar ku. Ketika engkau datang, mereka berkata, ‘Hai Bahiyah, lihat, anak mu telah datang.’ “

Aku biasa menziarahi ibu ku di malam Jum’at dan hari Juma’t. Setelah membaca beberapa ayat Al-Qur’an, aku mengucapkan doa berikut :
“Semoga Allah menghibur kemurungan kalian, merahmati perantauan kalian, mengampuni semua kesalahan kalian, dan menerima semua amal kebajikan kalian”
Suatu malam aku bermimpi didatangi oleh sekelompok orang yang tak terhitung jumlah nya. Aku pun bertanya kepada mereka, “Siapakah kalian?”
“Kami adalah orang-orang yang telah meninggal dunia yang dimakamkan di pemakaman yang biasa engkau ziarahi. Kami ingin mengucapkan terima kaish, dan memohon mu untuk tidak menghentikan pembacaan Al-Qur’an dan doa yang biasa engkau baca ketika menziarahi ibumu.”

Sejak sat itu, setiap malam Jumat dan hari Juma aku selalu mendoakan mereka.

---
Cerita ini adalah salah satu cerita yag terdapat dalam buku Surga di Depan Mata karya Habib Noval bin Muhammad Alaydrus halaman 110. Semoga dengan cerita itu, kita bisa mengambi hikmah dan mengamalkan nya untuk menunjukkan bahwa kita masih mencintai orang orang yang telah meninggal dunia.
Tidak ada salah nya mendoakan mereka yang kita cintai meskipun mereka sudah meninggal. Jadi, siapa yang mau menyenangkan hati orang yang mereka sayangi di dalam kubur ? :D

1 comments:

mas jo3-ko mengatakan...

anti ...suka ikut majlis taqilim AHBABUL MUSTHOFA semanggi.. ana juga sering datang...sya ada usaha kecil... sperti pembuatan PIN...anti bisa mampir di alamat ini semanggi RT 5/11 PS KLIWON SOLO... dpan rumah Bib Syeh
http://radenmasjo3-ko.blogspot.com/

Posting Komentar